Lokasi Toko Kontak WA Whatsapp ENG | IND
 
News

Aksi untuk Kelestarian Bumi yang dilakukan oleh PT. Samsonite Indonesia

Dampak kerusakan lingkungan dan perubahan iklim semakin terasa. Banjir, kekeringan, penurunan permukaan tanah, hingga abrasi. Sebagai bentuk mitigasi, diperlukan langkah nyata seperti penanaman mangrove di pesisir.

Fakta saat tsunami menunjukkan, sejumlah lokasi yang ditumbuhi mangrove tidak mengalami kerusakan parah karena terlindungi. Namun, tanaman tersebut juga punya beberapa fungsi lain. Sebut saja mencegah intrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai, serta tentu saja menjadi tempat hidup dan sumber makanan beberapa jenis satwa.

Hal-hal tersebut yang antara lain mendorong PT. Samsonite Indonesia menanam mangrove untuk tahap ke-2 di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Setelah penanaman pertama dilakukan di taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta pada tanggal 5 Mei 2017.

PR Assistant Manager PT. Samsonite Indonesia Randy Siskandar mengatakan bahwa ini tak lepas dari The Great Samsonite Trade-in, program tahunan Samsonite yang memungkinkan pelanggan menukarkan koper lama yang tidak terpakai (merek apa saja) dengan potongan harga 40 persen untuk membeli koper Samsonite baru tipe Octolite.

“Tahun ini kita buat agak berbeda. Kalau dulu koper lama tersebut kami jual dan digunakan misalnya untuk membantu di bidang pendidikan atau kepada mereka yang terkena bencana alam, sekarang hasil penjualan tersebut oleh Samsonite Peduli digunakan untuk program penanaman pohon mangrove,” kata Randy.

Randy menambahkan, jika pelanggan tidak membawa koper lama, ada alternatif lain untuk ikut program Samsonite Peduli. Caranya adalah dengan ikut memberikan donasi secara sukarela. “Jadi customer bisa memilih mau membawa koper lama mereka atau memberikan donasi ke dalam kotak yang sudah disediakan di semua Samsonite Stores di Indonesia. Total donasi yang terkumpul se-Indonesia adalah Rp 71.539.600, 1000 won, 4 dolar Singapura, 1 ringgit Malaysia, dan 10 riyals.”

Upaya pelestarian lingkungan berupa penanaman mangrove yang dilakukan PT Samsonite Indonesia dilakukan secara bertahap.

Pada tahap pertama, ada sekitar 100 tanaman mangrove yang ditanam langsung oleh beberapa orang karyawan PT Samsonite Indonesia.

Kegiatan tersebut dipilih sebagai salah satu bentuk CSR PT. Samsonite Indonesia karena kondisi lingkungan yang dirasakan semakin memburuk. Tak luput di kawasan pesisir, yang kerusakan pada wilayah ini bisa memicu bencana lingkungan.

Sementara itu, Direktur¬† PT. Samsonite Indonesia Ratih Darmawan Gianda mengatakan, “Ada beberapa tahap yang akan kami lakukan menyangkut upaya pelestarian alam lewat penanaman mangrove ini. Apalagi setelah melihat langsung di lapangan, kami akan segera menjalankan tahap-tahap berikutnya.”